Blogger Tricks

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Senin, 25 November 2013

17.713 Warga Sekitar Gunung Sinabung Mengungsi

MEDAN- Peningkatan status Awas terhadap aktivitas Gunungapi Sinabung serta adanya rekomendasi agar desa-desa yang berada dalam radius 5 kilometer (km) diungsikan, telah membuat jumlah pengungsi meningkat sangat signifikan.

Jika pada sore kemarin jumlah pengungsi dilaporkan sekitar 12 ribu, Senin (25/11/2013) sore ini jumlah pengungsi telah mencapai 17.713 jiwa, atau sebanyak 5.304 KK.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat kepada Okezone mengatakan, 17.713 jiwa pengungsi itu tersebar di 31 pos pengungsian yang tersebar di wilayah Kabupaten Karo.

Para pengungsi ini berasal dari 17 desa di dalam radius 5 km, serta 4 desa arah di luar radius 5 km, namun berada pada wilayah bukaan kawah yang rawan lontaran material gunung.

“17 Desa dan 2 Dusun di dalam radius 5km adalah  Desa Guru Kinayan, Desa Sukameriah, Desa Berastepu, Desa Bekerah, Desa Gamber, Desa Simacem, Desa Perbaji, Desa Mardinding, Desa Kuta Gugung, Desa Kuta Rakyat, Desa Sigarang-garang, Desa Sukanalu, Desa Temberun, Desa Kuta Mbaru, Desa Kuta Tonggal, Desa Tiga Nderket, Desa Slandi, dan Dusun Sibintun serta Dusun Lau Kawar. Sedangkan desa yang berada di luar radius 5 km tetapi berada di arah bukaan kawah yang rawan lontaran material gunung adalah Desa Kuto Tengah, Kebayakan, Naman dan Kutambelin,” ujarnya.

Sutopo mengungkapkan, meski rekomendasi pengosongan daerah sudah disampaikan, namun hingga saat ini belum semua masyarakat di daerah tersebut mengungsi. Beberapa dari mereka memilih tetap bertahan  untuk menjaga harta bendanya.

“Ada masyarakat yang masih merasa aman meskipun kita sudah mengeluarkan rekomendasi. Mereka bersikeras tinggal untuk menjaga rumah, ternak, lahan pertanian,”ungkapnya.

Meski jumlah pengungsi naik sangat signifikan, namun Sutopo mengaku kebutuhan para pengungsi masih dalam kondisi aman. Khususnya setelah bantuan berupa logistic dan peralatan dari BNPB  mulai tiba.

“Kalau makanan cukup untuk 3 hari ke depan. Kita juga sudah menyiapkan bantuan senilai Rp.3,93 miliar, dan sebagaian sudah tiba. Sejauh ini kebutuhan pengungsi tertutupi,” sebutnya.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2013/11/25/340/902543/17-713-warga-sekitar-gunung-sinabung-mengungsi
separador

0 komentar:

Posting Komentar

Categories

Blog Archive

Followers